Fanny Sumaedi, Rabianto (2025) PENGARUH INOVASI PRODUK DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK KUE BANGKIT CAP BUNGA MELATI. Skripsi thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi GENTIARAS.
![[thumbnail of COVER]](http://eprints.gentiaras.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
cover.pdf - Published Version
Download (2MB)
![[thumbnail of ABSTRAK]](http://eprints.gentiaras.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
abstrak.pdf - Published Version
Download (2MB)
![[thumbnail of BAB I]](http://eprints.gentiaras.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
bab 1.pdf - Published Version
Download (2MB)
![[thumbnail of BAB II]](http://eprints.gentiaras.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
bab 2.pdf - Published Version
Download (2MB)
![[thumbnail of BAB III]](http://eprints.gentiaras.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
bab 3.pdf - Published Version
Download (2MB)
![[thumbnail of BAB IV]](http://eprints.gentiaras.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
![[thumbnail of BAB V]](http://eprints.gentiaras.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
bab 5.pdf - Published Version
Download (2MB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]](http://eprints.gentiaras.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
daftar pustaka.pdf - Published Version
Download (2MB)
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh inovasi produk dan brand image terhadap keputusan pembelian pada produk Kue Bangkit Cap Bunga Melati. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada fluktuasi penjualan produk tersebut, yang dipengaruhi oleh persaingan di industri makanan tradisional dan perubahan preferensi konsumen. Inovasi produk, seperti perubahan rasa, kemasan, dan desain, serta citra merek yang kuat dianggap sebagai faktor kunci dalam meningkatkan daya saing dan keputusan pembelian. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan survei melalui kuisioner yang disebarkan kepada 100 responden di Kota Bandar Lampung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan koefisien regresi 0,346). Brand image juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan koefisien regresi 1,123). Secara simultan, inovasi produk dan brand image memberikan kontribusi sebesar 73,8% terhadap keputusan pembelian, sementara sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian ini adalah perlunya produsen Kue Bangkit Cap Bunga Melati untuk terus melakukan inovasi produk, terutama dalam hal kemasan, ukuran, dan variasi rasa, serta memperkuat citra merek melalui strategi pemasaran yang efektif. Penelitian ini juga memberikan rekomendasi bagi peneliti selanjutnya untuk menambahkan variabel lain seperti harga atau promosi guna analisis yang lebih komprehensif.
Kata kunci: Inovasi Produk, Brand Image, Keputusan Pembelian, Kue Bangkit Cap Bunga Melati
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | admin gentiaras |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 02:19 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 02:19 |
URI: | http://eprints.gentiaras.ac.id/id/eprint/274 |