Imanuel Yudhistira, Agrinta (2025) PENGARUH PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN BERGABUNG ANGGOTA BARU KOPERASI SMPAN PINJAM ANUGERAH SEJAHTERA ABADI DI BANDAR JAYA LAMPUNG TENGAH. Skripsi thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi GENTIARAS.
![[thumbnail of COVER]](http://eprints.gentiaras.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
cover.pdf - Published Version
Download (203kB)
![[thumbnail of ABSTRAK]](http://eprints.gentiaras.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ABSTRAK YUDHIS.pdf - Published Version
Download (189kB)
![[thumbnail of BAB I]](http://eprints.gentiaras.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf - Published Version
Download (517kB)
![[thumbnail of BAB II]](http://eprints.gentiaras.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf - Published Version
Download (501kB)
![[thumbnail of BAB III]](http://eprints.gentiaras.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf - Published Version
Download (783kB)
![[thumbnail of BAB IV]](http://eprints.gentiaras.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (738kB)
![[thumbnail of BAB V]](http://eprints.gentiaras.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf - Published Version
Download (298kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]](http://eprints.gentiaras.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (421kB)
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini membahas peran promosi dalam keputusan bergabung anggota. Koperasi dipilih karena berperan penting bagi kesejahteraan ekonomi masyarakat. Ketidakstabilan jumlah anggota mendorong peneliti menelusuri faktor promosi. Penelitian difokuskan pada Koperasi ASA Bandar Jaya Lampung Tengah.
Kajian teori memuat konsep promosi dan keputusan bergabung anggota koperasi. Promosi dinilai melalui jangkauan, kualitas isi, dan waktu pelaksanaan. Keputusan bergabung dilihat dari kemantapan, rekomendasi, dan pembelian ulang. Penelitian ini juga mengacu pada studi sebelumnya yang relevan.
Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode regresi linier sederhana. Populasi penelitian adalah anggota baru koperasi sebanyak seratus orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik sampel jenuh. Data dikumpulkan melalui angket dan diolah menggunakan SPSS versi dua puluh lima.
Hasil penelitian menunjukkan promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan bergabung. Namun, kontribusi promosi terhadap keputusan anggota bersifat tidak dominan. Artinya, faktor lain di luar promosi turut memengaruhi keputusan anggota. Meski demikian, promosi tetap berperan dalam menarik minat calon anggota.
Penelitian ini menyarankan koperasi meningkatkan kualitas dan konsistensi promosi. Strategi promosi personal dan digital perlu dikembangkan lebih maksimal. Peneliti selanjutnya disarankan menambahkan variabel baru dalam kajian lanjutan. Penelitian ini diharapkan memberi kontribusi bagi pengembangan koperasi ke depan.
Kata Kunci: promosi, keputusan bergabung, koperasi, anggota baru, pemasaran koperasi
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | admin gentiaras |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 04:47 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 04:47 |
URI: | http://eprints.gentiaras.ac.id/id/eprint/276 |