Paskaline Nawangtyas Dyah Pavita, Loys (2025) PENGARUH SALES PROMOTION TERHADAP IMPULSE BUYING PADA KONSUMEN GENERASI Z DI TIKTOK SHOP DENGAN MENGGUNAKAN HEDONIC SHOPPING MOTIVATION SEBAGAI MODERASI. Skripsi thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi GENTIARAS.
![[thumbnail of COVER]](http://eprints.gentiaras.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
cover.pdf - Published Version
Download (2MB)
![[thumbnail of ABSTRAK]](http://eprints.gentiaras.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
abstrak.pdf - Published Version
Download (2MB)
![[thumbnail of BAB I]](http://eprints.gentiaras.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
bab 1.pdf - Published Version
Download (2MB)
![[thumbnail of BAB II]](http://eprints.gentiaras.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
bab 2.pdf - Published Version
Download (2MB)
![[thumbnail of BAB III]](http://eprints.gentiaras.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
bab 3.pdf - Published Version
Download (2MB)
![[thumbnail of BAB IV]](http://eprints.gentiaras.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
![[thumbnail of BAB V]](http://eprints.gentiaras.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
bab 5.pdf - Published Version
Download (2MB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]](http://eprints.gentiaras.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
daftar pustaka.pdf - Published Version
Download (2MB)
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi penjualan (sales promotion) terhadap pembelian impulsif (impulse buying) pada konsumen Generasi Z yang berbelanja melalui TikTok Shop, serta menganalisis peran hedonic shopping motivation sebagai variabel moderasi. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada fenomena meningkatnya aktivitas belanja impulsif di kalangan Generasi Z akibat strategi promosi TikTok Shop yang menarik, seperti diskon, flash sale, dan fitur interaktif lainnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei terhadap 100 responden yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan menggunakan metode SEM-PLS melalui program SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sales promotion berpengaruh signifikan terhadap impulse buying. Selain itu, hedonic shopping motivation terbukti tidak memoderasi hubungan antara sales promotion dan impulse buying, yang berarti semakin tinggi motivasi hedonis seseorang, maka pengaruh promosi penjualan terhadap pembelian impulsif juga semakin kuat. Temuan ini memberikan kontribusi dalam memahami perilaku belanja online di era digital, khususnya pada platform social commerce seperti TikTok Shop.
Kata kunci: Sales Promotion, Impulse Buying, Generasi Z, TikTok Shop, Hedonic Shopping
Motivation
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | admin gentiaras |
Date Deposited: | 08 Aug 2025 03:07 |
Last Modified: | 08 Aug 2025 03:07 |
URI: | http://eprints.gentiaras.ac.id/id/eprint/287 |