PENGARUH SALES PROMOTION TERHADAP IMPULSE BUYING PADA KONSUMEN GENERASI Z DI TIKTOK SHOP DENGAN MENGGUNAKAN HEDONIC SHOPPING MOTIVATION SEBAGAI MODERASI

Paskaline Nawangtyas Dyah Pavita, Loys (2025) PENGARUH SALES PROMOTION TERHADAP IMPULSE BUYING PADA KONSUMEN GENERASI Z DI TIKTOK SHOP DENGAN MENGGUNAKAN HEDONIC SHOPPING MOTIVATION SEBAGAI MODERASI. Skripsi thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi GENTIARAS.

[thumbnail of COVER] Text (COVER)
cover.pdf - Published Version

Download (2MB)
[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf - Published Version

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
bab 1.pdf - Published Version

Download (2MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
bab 2.pdf - Published Version

Download (2MB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
bab 3.pdf - Published Version

Download (2MB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
bab 5.pdf - Published Version

Download (2MB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi penjualan (sales promotion) terhadap pembelian impulsif (impulse buying) pada konsumen Generasi Z yang berbelanja melalui TikTok Shop, serta menganalisis peran hedonic shopping motivation sebagai variabel moderasi. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada fenomena meningkatnya aktivitas belanja impulsif di kalangan Generasi Z akibat strategi promosi TikTok Shop yang menarik, seperti diskon, flash sale, dan fitur interaktif lainnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei terhadap 100 responden yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan menggunakan metode SEM-PLS melalui program SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sales promotion berpengaruh signifikan terhadap impulse buying. Selain itu, hedonic shopping motivation terbukti tidak memoderasi hubungan antara sales promotion dan impulse buying, yang berarti semakin tinggi motivasi hedonis seseorang, maka pengaruh promosi penjualan terhadap pembelian impulsif juga semakin kuat. Temuan ini memberikan kontribusi dalam memahami perilaku belanja online di era digital, khususnya pada platform social commerce seperti TikTok Shop.

Kata kunci: Sales Promotion, Impulse Buying, Generasi Z, TikTok Shop, Hedonic Shopping
Motivation

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: admin gentiaras
Date Deposited: 08 Aug 2025 03:07
Last Modified: 08 Aug 2025 03:07
URI: http://eprints.gentiaras.ac.id/id/eprint/287

Actions (login required)

View Item
View Item