PENGARUH KUALITAS KONTEN INSTAGRAM REELS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK JAKET FASHION THRIFT STUDI PADA FOLLOWERS CIOBANG.ID BANDAR LAMPUNG

Marianus, Yeriko (2025) PENGARUH KUALITAS KONTEN INSTAGRAM REELS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK JAKET FASHION THRIFT STUDI PADA FOLLOWERS CIOBANG.ID BANDAR LAMPUNG. Skripsi thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi GENTIARAS.

[thumbnail of COVER] Text (COVER)
Cover.pdf - Published Version

Download (230kB)
[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (279kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
Bab1 .pdf - Published Version

Download (749kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
Bab2 .pdf - Published Version

Download (336kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
Bab3.pdf - Published Version

Download (465kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
Bab4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (468kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
Bab5.pdf - Published Version

Download (276kB)

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini diawali dengan adanya fenomena tren thrift fashion yang semakin meningkat. Instagram Reels dipilih sebagai media promosi utama oleh Ciobang.id. Penelitian ini berfokus pada pengaruh kualitas konten terhadap keputusan pembelian. Tujuannya adalah memahami bagaimana Reels memengaruhi perilaku konsumen. Teori pada penelitian ini adalah kualitas konten dan keputusan pembelian. Indikator variabel X adalah daya tarik visual, kejelasan informasi, dan kreatifitas. Indikator variabel Y meliputi pencarian informasi, evaluasi alternatif, kemantapan produk dan keputusan membeli. Teori Xu dan Kotler menjadi dasar analisis penelitian ini. Pendekatan yang dipilih adalah kuantitatif dengan metode survei kuesioner. Sampel sebanyak 100 responden dengan teknik purposive sampling. Alat yang digunakan untuk mengolah data yang terdiri dari uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis, analisis regresi linier sederhana, uji t dan uji koefisien determinasi. Penelitian dilakukan selama dua bulan di Ciobang.id Lampung. Hasil penelitian ini menunjukkan kualitas konten berpengaruh positif dan signifikan. Nilai t hitung sebesar
9,910 > 1.660 t tabel. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,501 atau 50,1% yang menunjukkan variabel independen dapat menjelaskan keputusan pembelian sebagai variabel dependen sebesar
50,1% dan 49,9% diterangkan oleh variabel – variabel lain diluar penelitian ini. Hasil penelitian disimpulkan bahwa konten Reels efektif menarik perhatian konsumen. Daya tarik visual, kejelasan
informasi, dan kreatifitas mendorong keputusan pembelian. Disarankan Ciobang.id meningkatkan kualitas editing video agar profesional. Penelitian ini relevan bagi pemasaran digital khususnya thrift
fashion.

Kata Kunci : Kualitas Konten dan Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: admin gentiaras
Date Deposited: 08 Aug 2025 03:30
Last Modified: 08 Aug 2025 03:30
URI: http://eprints.gentiaras.ac.id/id/eprint/289

Actions (login required)

View Item
View Item