ANALISIS HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA LAMBAN SABAH RESTO DI WAY DADI, KECAMATAN SUKARAME, KOTA BANDAR LAMPUNG, PROVINSI LAMPUNG DENGAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA)

ELIZABETH ASIH, LILIARTI (2025) ANALISIS HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA LAMBAN SABAH RESTO DI WAY DADI, KECAMATAN SUKARAME, KOTA BANDAR LAMPUNG, PROVINSI LAMPUNG DENGAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA). Skripsi thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi GENTIARAS.

[thumbnail of COVER] Text (COVER)
COVER L.pdf - Published Version

Download (145kB)
[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK L.pdf - Published Version

Download (208kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I L.pdf - Published Version

Download (292kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II L.pdf - Published Version

Download (375kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III L.pdf - Published Version

Download (322kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV L.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (445kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V L.pdf - Published Version

Download (187kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA L.pdf - Published Version

Download (193kB)

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran harga dalam mempengaruhi kepuasan konsumen dalam industri kuliner, khususnya di Lamban Sabah Resto yang berlokasi di Way Dadi, Kecamatan Sukarame, Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh harga terhadap kepuasan konsumen dengan menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA), guna mengetahui sejauh mana harga yang ditetapkan oleh restoran sesuai dengan harapan konsumen. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif deskriptif. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada responden yang merupakan konsumen Lamban Sabah Resto. Analisis data dilakukan dengan membandingkan tingkat kepentingan (importance) dan kinerja (performance) harga menurut persepsi konsumen.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat satu atribut yang masuk dalam Kuadran I, yaitu pernyataan “Harga yang ditawarkan Lamban Sabah Resto kompetitif dibandingkan restoran sejenis”, yang berarti harapan konsumen tinggi namun kinerja restoran masih rendah, sehingga membutuhkan perhatian dan perbaikan. Dua atribut berada di Kuadran II, menunjukkan bahwa harga sebanding dengan kualitas pelayanan serta promo yang ditawarkan membuat harga lebih menarik, dengan harapan dan kinerja yang sama-sama tinggi. Pada Kuadran III, dua atribut terkait keterjangkauan harga menunjukkan bahwa baik harapan maupun kinerja masih rendah. Sementara itu, Kuadran IV memuat dua atribut yang menunjukkan kinerja tinggi namun harapan konsumen rendah, yaitu kesesuaian harga dengan porsi dan rasa makanan. Secara keseluruhan, hasil penelitian ini dapat menjadi bahan evaluasi bagi manajemen Lamban Sabah Resto untuk meningkatkan kepuasan pelanggan melalui perbaikan strategi harga.

Kata Kunci: Harga, Kepuasan Konsumen, Importance Performance Analysis (IPA), Penetapan
Harga, Lamban Sabah Resto

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: admin gentiaras
Date Deposited: 11 Aug 2025 03:56
Last Modified: 11 Aug 2025 03:56
URI: http://eprints.gentiaras.ac.id/id/eprint/301

Actions (login required)

View Item
View Item