ANALISIS PENERAPAN BLUE OCEAN STRATEGY UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA PERSAINGAN BISNIS PUPUK (Studi Kasus PT. Inbio Tani Nusantara)

Pedro Anggara, Gandi (2024) ANALISIS PENERAPAN BLUE OCEAN STRATEGY UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA PERSAINGAN BISNIS PUPUK (Studi Kasus PT. Inbio Tani Nusantara). Skripsi thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi GENTIARAS.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
Cover.pdf

Download (117kB)
[thumbnail of Abstrack] Text (Abstrack)
Abstrak.pdf

Download (157kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (282kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf

Download (413kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf

Download (399kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (399kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf

Download (166kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf

Download (595kB)

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Blue Ocean Strategy serta analisis SWOT yang diterapkan oleh perusahaan. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah kualitatif. Sampel yang digunakan 100 responden yang didapat menggunakan rumus lemeshow. Teknik pengumpulan data yang menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan kuisioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif bauran pemasaran 4P, uji validitas dan reliabilitas, analisis SWOT, dan skema kerangka kerja empat langkah. Strategi 4P yang digunakan oleh perusahaan yaitu strategi produk differentiation product, strategi harga competition-based pricing, strategi promosi advertising, personal selling, publicity, direct marketing, strategi tempat dengan memperhatikan keamanan lingkungan. Metode uji validitas dan reliabilitas tersebut dinyatakan valid dan reliable. Metode pengujian analisis SWOT, yaitu menggunakan matriks IFAS, EFAS, diagram SWOT, dan matriks SWOT. Hasil uji matriks IFAS (2,72) dan hasil uji matriks EFAS (2,67). Berdasarkan hasil diagram SWOT perusahaan berada di kuadran 1 progresif. Dari hasil matriks SWOT strategi yang harus dipertahankan yaitu strategi SO dengan cara mempertahankan sekaligus meningkatkan mutu produk, memanfaatkan lokasi yang strategis, memaksimalkan promosi dan sosialisasi produk. Metode skema kerangka kerja empat langkah tidak ada yang perlu dihapuskan dan dikurangi, sedangkan untuk tingkatkan yaitu mengenai promosi produk, kemasan produk, dan lokasi distribusi. Sedangkan untuk ciptakan ada mengenai pupuk organik bioinsektisida.

Kata kunci: Bauran Pemasaran, Analisis SWOT, Blue Ocean Strategy, Meningkatkan Penjualan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: admin gentiaras
Date Deposited: 20 Feb 2025 06:42
Last Modified: 20 Feb 2025 06:42
URI: http://eprints.gentiaras.ac.id/id/eprint/227

Actions (login required)

View Item
View Item