ANALISIS PERAN KONTEN VISUAL TIKTOK DALAM MEMBENTUK MINAT BERKUNJUNG GENERASI Z KE BUKIT CENDANA PESA WARAN PROVINS! LAMPUNG

Riska Puja, Ananda (2025) ANALISIS PERAN KONTEN VISUAL TIKTOK DALAM MEMBENTUK MINAT BERKUNJUNG GENERASI Z KE BUKIT CENDANA PESA WARAN PROVINS! LAMPUNG. Skripsi thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi GENTIARAS.

[thumbnail of COVER] Text (COVER)
Cover.pdf - Published Version

Download (185kB)
[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
Abstrak .pdf - Published Version

Download (692kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB 1 PENDAHULUAN .pdf - Published Version

Download (3MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II TINJAUAN PUSTAKA .pdf - Published Version

Download (6MB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III METODOLOGI PENELITIAN .pdf - Published Version

Download (3MB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (853kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA .pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran konten TikTok dalam membentuk rninat berkunjung Generasi Z ke Bukit Cendana, Pesawaran Provinsi Lampung. Fenomena digitalisasi dan tren penggunaan media sosial oleh Generasi Z menjadikan TikTok sebagai platform strategis dalam promosi pariwisata. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada
100 responden yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan
menggunakan uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, regresi linier sederhana, dan uji hipotesis bantuan dengan SPSS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa konten TikTok berpengaruh signifikan terhadap rninat berkunjung Generasi Z ke Bukit Cendana. Nilai koefisien deterrninasi (R2) sebesar 0,525 menunjukkan bahwa 52,5% variabel rninat berkunjung dipengaruhi oleh konten TikTok, sedangkan 4 7 ,5% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini. Persamaan regresi linier
sederhana yang diperoleh adalah Y = 7,521 + 0,615X akan meningkatkan rninat berkunjung
sebesar satuan, yang berarti setiap peningkatan satu satuan dalam konten TikTok akan
meningkatkan rninat berkunjung sebesar 0,615 satuan. Uji t menunjukkan nilai signifikansi sebesar
0,000 < 0,05 dan thitung 10,617 > ttabel l ,984, sehingga Ho ditolak dan H, diterima.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa konten TikTok berperan penting dalam membentuk rninat berkunjung Generasi Z ke Bukit Cendana. Disarankan agar pengelola destinasi wisata lebih aktif memanfaatkan TikTok sebagai media promosi visual yang menarik dan informatif.

Kata kunci : Konten Visual TikTok, Minat Berkunjung, Generasi Z

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: admin gentiaras
Date Deposited: 25 Jun 2025 03:46
Last Modified: 25 Jun 2025 03:46
URI: http://eprints.gentiaras.ac.id/id/eprint/248

Actions (login required)

View Item
View Item